Cara Cetak SKMT (S29a) dan Lampiran S29a Pada Simpatika Terbaru

Assalamualaikum wr. wb

Selamat beraktifitas dan tetap bersemangat buat ibu, bapak guru dan operator madrasah se-Indonesia. Kali ini saya akan mencoba untuk membagikan tips untuk Mencetak Surat Keterangan Melaksanakan Tugas Pembelajaran/Bimbingan Dan Tugas Tertentu (SKMT) atau sering kita sebut S29a beserta lampirannya buat guru-guru madrasah di sistem online Simpatika, mudah-mudahan bisa memberi bermanfaat buat semuanya.

Sebelum kita membuat dan mencetak SKMT (S29a) ini, ada beberapa hal yang mungkin perlu untuk kita ketahui terlebih dahulu diantaranya:

#1 SKMT (S29a) Itu Apa?

Wajar jika kita bertanya tentang apa itu SKMT (S29a), karena salah satu fitur tambahan dalam Simpatika ini masih baru-baru diterapkan. SKMT (S29a) ini merupakan surat keterangan yang berisi tentang pernyataan bahwa Pendidik dan Tenaga Kependidikan telah melaksanakan kegiatan pembelajaran/bimbingan dan tugas tertentu di Madrasah/Sekolah. SKMT dibuat oleh Operator madrasah melalui akun PTK masing-masing dan disetujui oleh Kepala Madrasah dan Pengawas Madrasah.

#2 Kapan Kita Bisa Mencetak SKMT (S29a)

Ajuan SKMT pada akun PTK akan muncul jika Jadwal Mingguan telah diselesaikan dan telah mencetak Ajuan Verval Madrasah/Sekolah (S25a) melalui akun Kepala Madrasah, dan telah disetujui juga oleh operator simpatika di kemenag kabupaten setempat. Jadi jika hal di atas belum terselesaikan, maka tombol ajuan  Cetak Surat SKMT tidak akan aktif.

BACA JUGA: Cara Mengisi Jadwal Kelas Mingguan di Simpatika

#3. Kenapa Kita Harus Cetak SKMT (S29a)?

Sebenarnya pertanyaan ini agak konyol sih, karena jika guru atau operator madrasah telah menerima surat edaran tentang fitur-fitur terbaru dalam simpatika, termasuk di sini SKMT (S29a), maka hukumnya fardu ‘ain untuk dilaksanakan. Jika tidak maka Tunjangan Sertifikasi bapak dan ibu guru madrasah yang menjadi korban.
Setelah ibu bapak guru mencetak dan mengantarkan ajuan SKMT (S29a), baru operator kemenag akan menerbitan Surat Keterangan Beban Kerja (SKBK). Setelah sampai pada penerbitan SKBK, maka ibu bapak guru yang menerima tunjangan sertifikasi tinggal menunggu jadwal pencairan, Amin.
Nah, bagaimana langkah-langkah untuk mencetak SKMT (S29a) dan Lampiran SKMT (S29a) pada simpatika akan kita bahas berikut ini.

# Cara Mencetak Ajuan SKMT (S29a)

Ada beberapa langkah yang perlu anda selesaikan untuk dapat mencetak ajuan SKMT, berikut akan saya uraikan dengan lebih detail.
#1. pertama-tama anda login dulu ke akun PTK, pada menu Tunjangan di sebelah kiri anda klik Menu SKBK & SKMT. Dibagian kanan, klik cetak surat pengajuan SKMT dengan mengklik tombol “Cetak Surat”. Lihat gambar untuk lebih jelasnya.

#2. Setelah anda klik tombol Cetak Surat, maka form untuk Cetak SKMT yang memuat daftar madrasah tempat anda bertugas akan muncul. Jika anda mempunyai tugas tambahan mengajar di madrasah lain dengan status non induk, maka nama madrasahnya juga akan tampil. Lalu berikutnya Klik “Cetak Surat Ajuan”.

#3. Tampilan berikutnya yang akan muncul setelah anda mencetak surat ajuan adalah seperti gambar di bawah. Pada bagian yang saya lingkar merah di bawah masih belum berubah warna hijau dengan centangan tanda rumput. Tetapi masih merah dengan lambang stop. Untuk merubahnya, baca langkah berikutnya.


# Cara Mencetak Lampiran SKMT (S29a)

Setelah anda mencetak ajuan SKMT di atas, maka selanjutnya adalah mencetak lampiran S29a. pada tampilan menu ajuan SKMT di atas memang masih merah pada nama lembaganya. Itu artinya anda diminta untuk meminta persetujuan ajuan SKMT anda melalui akun Kepala Madrasah. Berikut langkah-langkah mencetak lampiran S29a:

#1. Logout/keluar dulu dari akun PTK anda sebelumnya yang telah anda ajukan SKMT
#2. Login kembali menggunakan akun Kepala Madrasah anda.
#3. Setelah berhasil login, pada pilihan di bawah klik PTK

#4. Klik menu SKBK & SKMT di sebelah kiri bawah.
#5. Berikutnya pada ajuan SKBK dan pengesahan SKMT klik tombol “Pengesahan SKMT” maka akan muncul daftar pengajuan SKMT PTK anda, lalu klik tombol Pengesahan. (Lihat gambar di bawah)

 #6. Berikan penilaian SKMT PTK anda sesuai dengan hasil PKG semester dan tahun ajaran berjalan. Setelah semua nilai dimasukkan dengan kategori “Baik”, klik Simpan.

 #7. Lakukan pengecekan kembali hasil penilaian dan lakukan edit jika memang masih perlu. Terakhir klik tombol “Cetak” jika data sudah benar.

 #8. Dengan mengklik tombol “Cetak” maka ajuan SKMT anda telah disetujui, dan silahkan meminta tanda tangan Kepala Madrasah dan Pengawas pada Lampiran S29a anda.

Demikian panduan Cara  Cetak SKMT (S29a) dan Lampiran S29a Pada Simpatika Terbaru, semoga bermanfaat buat ibu dan bapak guru sertifikasi. Terima kasih telah mengunjungi blog ini.

Wassalamualaikum wr. wb

0 Response to "Cara Cetak SKMT (S29a) dan Lampiran S29a Pada Simpatika Terbaru"