Cara Membuat Jadwal Kelas Mingguan di Simpatika Terbaru 2017

Assalamualaikum wr. wb

Ketemu lagi di  M. KHOSYI Blog, semoga aktivitas anda lancar-lancar saja hari ini, dan dimudahkan urusan kita amin. 

Jika sebelumnya kita pernah membahas tentang bagaimana cara membuat model atau template jadwal kelas, maka pada postingan kali ini kita akan mencoba mengulas bagaimana cara mengisi jadwal mingguan di simpatika. Syarat utama untuk bisa membuat jadwal mingguan adalah model jadwal kelas. Model jadwal harus sudah benar-benar beres, entah itu jenis kegiatan maupun durasi atau waktu pelaksanaannya, yang dalam hal ini adalah jam mulai dan jam berakhir kegiatan.
Baiklah kali ini, kita anggap saja anda sudah menyelesaikan tahap pembuatan model jadwal di maksud. Sehingga kita langsung saja beraksi untuk menyelesaikan jadwal mingguan ini. untuk mulai mengisi, seperti biasa anda login dulu ke akun kepala sekolah atau operator madrasah, pake yang mana saja bisa.

Mengisi Jadwal Mingguan di Simpatika

Langkah-langkah pengisian jadwal mengacu pada model jadwal yang telah kita buat sebelumnya. Berikut langkah-langkahnya:
  • Dari akun operator, pilih menu Sekolah => Jadwal => Lihat Jadwal Mingguan
  • Setelah anda berhasil masuk di Menu Lihat Jadwal Mingguan, silahkan dilanjutkan untuk memilih kelas dengan menekan tombol Pilih Kelas
  • Selanjutnya silahkan anda pilih kelas yang akan anda edit. Misalnya saya pilih Kelas A untuk jenjang  Raudhatul Athfal (RA), maka tampilannya seperti yang anda lihat di bawah.
  •  Ketika anda mengklik tombol pengaturan di atas,  maka pilihan model kelas akan tampil. Pilih sesuai yang dibutuhkan. Sekali lagi, model yang akan tampil adalah model yang telah anda buat sebelumnya.
 
  • Tahap berikutnya adalah anda akan diminta memberikan konfirmasi tentang perubahan yang telah kita buat. Karena setelah kita memilih salah satu model kelas, maka format jadwal akan diatur ulang menyesuaikan dengan format yang telah kita susun pada model kelas yang dipilih. Sehingga ketika anda telah membuat jadwal sebelumnya, maka semua jadwal akan hilang. 
 
  • Menekan tombol Ya, berarti anda sudah siap untuk mengisi jadwal. Berikut tampilan jadawalnya. Pada gambar yang saya tampilkan dibawah, akan muncul komentar tambah pelajaran ketika anda menyorot dengan kursor, maka klik kotak dengan tanda + untuk melakukan perubahan nama mata pelajaran.
  • Jika anda mengklik kotak maka akan tampil form isiannya, pilih mata pelajaran sesuai dengan jadwal madrasah anda, kemudian klik jumlah jam misalnya 1 jam, 2 jam atau 3 jam. Lalu selanjutnya tentukan nama guru yang mengajarkan mata pelajaran tersebut. Penjelasannya adalah seperti berikut.
Durasi  Pelajaran      : Adalah jumlah jam dalam satu pelajaran, jika di pilih lebih dari 1 jam maka sistem otomatis menempati 1-2 jam berikutnya pada kotak jadwal.
Mata Pelajaran          : Adalah mata pelajaran yang di ajarkan pada jam tersebut
Guru pengajar           : Adalah guru yang mengajarkan pelajaran tersebut.

  • Langkah terakhir adalah memilih  tombol Simpan, untuk menyimpan data pelajaran yang tadi anda masukkan.
  • Lanjutkan poin nomor 7 s/d  9 untuk menyelesaikan isian jadwal mengajar di simpatika.
Nah, sekarang anda pasti sudah paham untuk membuat jadwal mingguan di simpatika, selesaikan jadwal simpatika madrasah anda untuk bisa melakukan verval madrasah pada akun kepala madrasah. Karena biasanya waktu untuk melakukan verval terbatas, tergantung dari kemenag kabupaten di tempat anda. Semoga artikel ini dapat membantu kemajuan madrasah kita, khususnya di bidang administrasi pendataan, salam buat semua operator madrasah, tetap semangat. Madrasah Lebih Baik, Lebih Baik Madrasah

Wassalamualikum wr. wb

0 Response to "Cara Membuat Jadwal Kelas Mingguan di Simpatika Terbaru 2017"