Cara Cepat Membuat Disclaimer Untuk Blog Anda

M. KHOSYI Blog – Assalamualaikum wr. wb. Selamat beraktifitas buat anda semua semoga tulisan kali ini dapat menambah wawasan kita khususnya bagi anda yang gemar berselancar di dunia bloger.
Kali ini kita akan membahas apa itu Disclaimer dan bagaimana membuatnya?

#Apa Itu Disclaimer?

Disclaimer merupakan laman yang berisi tentang pernyataan bahwa segala sesuatu yang kita tulis dan dimuat di dalam website atau blog kita semata-mata hanya sebagai informasi semata dan pemilik atau pengelola tidak bertanggung jawab atas keakuratan dan kelengkapan informasi yang dimuat dalam website atau blog kita.
Melihat pengertian di atas, kita pasti paham betul maksudnya. Yang namanya informasi online pasti ada kurang dan ada lebihnya, yang buat juga manusia biasa karena kita semua hanyalah manusia biasa yang tak luput dari kekurangan dan kesalahan.
Intinya disclaimer ini adalah sebagai bentuk sanggahan buat pemilik blog bahwa apa-apa yang ditulis dalam blognya tidak 100% sesuai dengan keadaan dan kebutuhan pembaca nantinya, sehingga tidak ada alasan untuk memberikan tindakan khusus yang berlebihan kepada penulis jikalau ada kesalahan dalam penulisan atau pemberian konten dalam blog atau webnya. Karena pernyataan penyangkalan ini diberikan dengan tujuan perlindungan bagi pemilik website atau situs sebagai pemberi informasi.

#Bagaimana Membuat Disclaimer Blog?

Bagi anda yang berniat hanya untuk menyimpan tulisan dan menjadikan blog sebagai tempat curhat, saya rasa disclaimer tidak begitu penting buat anda. Tapi jika anda ingin menjadikan blog sebagai lahan untuk menjalankan bisnis online misalnya Google Adsens, maka disclaimer ini adalah sesuatu yang sangat penting.
Untuk blog yang dibuat dengan tujuan komersial , maka harus melengkapi web atau blognya dengan Privacy policy, Contact US dan Disclaimer agar web atau blognya lebih dipertimbangkan oleh pihak google. Terlepas dari penjelasan diatas, apa salahnya jika setiap blog atau web yang kita kelola dibuatkan disclaimer. 

BACA JUGA:
Cara mudah membuat privacy policy
Cara cepat membuat contact Us di blog

Sebenarnya disclaimer blog bisa dibuat dengan cara mengetik sendiri isi dan pernyataannya. Tapi jika anda ketik manual, tentu sekali waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya lumayan banyak dan melelahkan. Untuk lebih simplenya, ada cara lain yang jauh lebih mudah dan tidak membutuhkan waktu lama untuk membuatnya.

Untuk lebih jelasnya silahkan ikuti beberapa langkah di bawah ini:
#1 Pertama-tama silahkan anda kunjungi situs Privacy policy Online
#2 Klik link Disclaimer Generator di hompage pada bagian Header


#3 Berikutnya akan tampil halaman selanjutnya, dan anda akan diminta untuk mengisi informasi utama blog anda. Berikut petunjuknya:

     ## Your Site Title : Tulis nama blog atau website anda
     ## Your Site URL : Alamat blog anda
     ## Contact Link : Laman contact us blog anda
     ## Email Address : Email untuk menghubungi anda.
     ## Email Encryption: Ada tiga pilihan, mau tidak pakai Encryption, HTML atau JavaScript.

#4 Jika anda sudah menginput semua informasi yang dibutuhkan, selanjutnya silahkan klik tombol Generate Disclaimer. Lihat Gambar!

#5 Dengan mengklik tombol Generate Disclaimer, maka anda sudah bisa melihat hasilnya cukup dengan mengklik Preview Your Disclaimer.

#6 Setelah semua langkah di atas anda selesaikan dengan benar, silahkan anda coba untuk memasangnya diblog, buatlah Laman baru. Caranya seperti biasa. Masuk ke blogspot, pilih Laman lalu Laman Baru. Pada kanvas, rubah mode Compose menjadi HTML lalu paste script Disclaimer tadi kedalamnya. Beri judul dengan nama Disclaimer dan klik publikasikan.

Kini blog anda sudah memiliki Disclaimer, mudah bukan? jika ada yang kurang jelas, ssilahkan berikan bertanya lewat komentar, Insya Allah akan saya balas sebisanya.

Demikian Tips Cara Cepat Membuat Disclaimer Untuk Blog Anda, mudah-mudahan bisa bermanfaat, silahkan klik tombol share jika dirasakan bisa member manfaat buat yang lain.

Wassalamualaikumwr.wb








0 Response to "Cara Cepat Membuat Disclaimer Untuk Blog Anda"