Petunjuk Cara Mengisi Aplikasi Desktop Emis Madrasah dan Upload Data Emis Online Semester Genap 2016/2017

Assalamualaikum wr.wb

Selamat datang di M. KHOSYI Blog, untuk postingan kali ini kita akan  membahas tentang proses penyelesain pendataan emis madrasah untuk semester genap TA. 2016-2017. Pada tulisan kali ini akan kita bahas mulai dari proses pengisian aplikasi desktop, mengunggah file emis form excel ke aplikasi desktop dan mengunggah file emis hasil backup secara online.

Hal pertama yang wajib dan harus anda lakukan adalah menyelesaikan pengisian data madrasah anda pada form excel emis semester genap tahun ajaran 2016-2017. Jika anda sudah menyelesaikan pengisian data tersebut, maka dengan segera anda harus melakukan pengisian emis pada aplikasi desktop jika sudah tersedia di akun operator masing-masing, karena sewaktu-waktu proses peng-Uploadan emis akan dibuka.

#1 Bagaimana Cara mendapatkan Aplikasi Desktop?

Lakukan login ke akun operator dan download aplikasinya di menu Rupa-Rupa. Setelah anda melakukan download, cari file .RAR dengan nama RA_1617_genap kalau anda adalah operator RA, untuk MI, MA dan MTs menyesuaikan. Ekstrak hasil download tersebut, (lihat gambar)

Selanjutnya buka folder hasil ekstrak dan buka aplikasi dengan nama Validasi_RA untuk memulai proses penginputan data lembaga anda.
 

Panduan yang saya buat ini kebetulan memakai aplikasi desktop untuk lembaga RA, lembaga yang lain prosesnya sama kok. Langkah selanjutnya setelah aplikasi terbuka, maka login dengan memasukkan NSM madrasah anda dan isikan password lembaga.   

#2 Bagaimana Cara Mengatasi Aplikasi Desktop Error?

Jika belum bisa login (Aplikasi Desktop Error), atur dulu settingan region and language pada laptop/pc anda dengan cara:
•    Masuk ke control Panel
•    Pilih Clock, Languange and Region
•    Lalu berikutnya Pilih Region and Languange.
•    Rubah bahasa laptop anda menjadi English (United State)
•    Terakhir klik Ok untuk menyimpan

#3 Bagaimana Menginput dan Membackup Data di Aplikasi Desktop?

Baiklah, sekarang anda sudah berhasil melakukan login, pada aplikasi desktop. Mulailah melakukan pengisian data dengan teliti dan lengkap mengacu pada format isian pada form Excel yang sudah anda sediakan. Untuk form Profil, sarpras, Rekap PTK, Rekap Siswa, Kegiatan, dan Keuangan diinput secara manual.
Sedangkan untuk Detail PTK, Detail Siswa, dan Lulusan dilakukan proses upload. Berikut langkah mengupload form excel ke aplikasi desktop:

#3.1 Upload Detail PTK

Pada menu Detail PTK, klik tombol browse file untuk memilih file Personal (PTK). Cari file form excel personal pada laptop anda dan proses.
 

#3.2 Upload Detail Siswa dan Lulusan, mengacu pada langkah #3.1 di atas karena prosesnya sama.

Setelah proses input dan upload data berhasil, maka langkah berikutnya adalah melakukan backup, karena hasil backup ini yang nantinya akan kita upload secara online. Klik tombol backup dan klik OK untuk mengkonfirmasi proses backup jika data yang anda berikan sudah benar-benar valid.

Setelah anda melakukan backup, maka hasil backup file tersebut secara otomatis akan masuk pada folder backup dalam folder RA_1617_genap hasil ekstrak, lokasinya sama dengan validasi RA.exe.

Perlu diketahui bahwa ekstensi file hasil backup ini adalah #.emis. file tersebut yang akan kita unggah nantinya. Kurang lebih nanti bentuk filenya seperti gambar berikut.
Sampai di sini anda paham kan? Pasti paham sudah. Jika ada kesulitan, baca petunjuk ini dengan perlahan dan teliti, Insya Allah pasti paham. Tapi jika belum paham-paham juga, saya sarankan untuk mengunjungi operator madrasah yang dekat dengan anda untuk meminta bantuan.

 #4 Bagaimana Cara Menguplod Hasil Backup Secara Online

Baiklah, mari kita tinggalkan Aplikasi Desktop karena kita sudah berhasil melakukan backup file. Langkah selanjutnya adalah melakukan upload data hasil backup tadi secara online ke situs resmi Emis Pendis. Berikut langkah-langkahnya.

Pertama-tama anda kunjungi situsnya dengan memasukkan situs emis di http://emispendis.kemenag.go.id/emis1617/ pada browser anda, maka tampilannya nanti terlihat seperti di bawah ini.

login menggunakan akun operator yang sudah anda daftarkan di http://emispendis.kemenag.go.id/emis_sdm/
setelah berhasil login, maka kita beraksi dengan langkah berikutnya. Mulai upload data lembaga dengan memilih tombol Pilih File, lalu cari file lembaga hasil backup dan klik tombol Unggah.
CATATAN: “Lakukan langkah yang sama untuk mengunggah File PTK, Unggah File Siswa dan Unggah File Lulusan”
Jika semua file backup sudah diunggah, maka kita tinggal melakukan konfirmasi sehingga data kita bisa diterima oleh operator kemenag kabupaten setempat. Untuk diperhatikan, file yang berhasil diupload memiliki tanggal sesuai dengan tanggal, bulan, tahun dan jam kita melakukan upload. Untuk contoh yang saya tampilkan berikut, kebetulan saya mengunggahnya tanggal 03 Maret 2017 kemarin. Klik konfirmasi jika sudah merasa yakin, karena jika data kita ternyata masih ada yang salah setelah melakukan konfirmasi, maka harus dibatalkan ke operator emis kabupaten. Oleh karena itu, cek dengan teliti.

Gambar di atas adalah tampilan data hasil upload dan menu konfirmasi yang pertama. Setelah anda melakukan konfirmasi pada tahap ini, maka akan muncul tahap konfirmasi tahap dua. Klik saja tombol Sudah.

Formulir konfirmasi berikutnya setelah anda mengklik tombol Sudah akan muncul. Isi semua jenis data yang diminta oleh sistem, lalu klik Konfirmasi. Maka sampai di sini pekerjaan anda sudah selesai.

Demikian petunjuk pengisian dan penyelesaian Data Emis Madrasah Semester Genap Tahun Ajaran 2016-2017. Semoga bisa memberikan manfaat bagi rekan-rekan operator. Terima kasih telah mengunjungi dan membaca isi blog ini.
Wassalamualaikum wr. wb

0 Response to "Petunjuk Cara Mengisi Aplikasi Desktop Emis Madrasah dan Upload Data Emis Online Semester Genap 2016/2017"