Cara Membuat Widget Artikel Terbaru di Blog



Assalamualaikum wr. wb 

Menampilkan widget artikel terbaru di blog kita merupakan salah satu hal terpenting yang harus diterapkan. Karena dengan adanya widget tersebut, akan memberi kemudahan bagi para pengunjung blog kita untuk mengetahui apa saja yang menjadi postingan terbaru yang diposting oleh admin blog. Kadang-kadang ada saja pengunjung yang selalu ingin tahu hal tersebut. Widget juga memberi kesan bahwa blog kita terlihat lengkap dari sisi tampilan. Ada banyak sekali cara untuk memasang widget artikel terbaru di blog, mulai dari bermain script atau yang lebih instan tinggal pakai, semuanya ada. Adanya widget postingan terbaru juga akan menarik perhatian pengunjung, karena artikel dalam blog kita terlihat up to date, dan selalu diperbaharui.  

Anda bisa saja menggunakan script sendiri yang didapat dari tutorial-tutorial tentang cara membuat artikel terbaru di blog lewat pencarian google, tergantung kita saja. Dalam postingan kali ini akan kita pelajari tentang bagaiman cara membuat widget artikel terbaru/recent post di blog. Tentu sekali dengan memanfaatkan menu/widget yang sudah disediakan oleh blogger. Tentunya ini lebih ampuh dan mudah karena kita tinggal menggunakannya saja. Bagamana memasang widget lewat script HTML, tidak perlu kita pelajari, terlalu rumit apalagi bagi blog pemula seperti kita-kita, masih ada yang lebih mudah kok. 

Baiklah tidak usah banyak basa basi, langsung saja ikuti langkah-langkah yang akan saya uraikan dengan teliti dan lengkap dibawah ini:

  • Pertama-tama anda harus masuk dulu ke akun blogger anda.
  • kemudian setelah berhasil masuk ke akun anda, Klik menu Tata Letak yang ada di samping kira atau dibawah dashbor blog anda, untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah.
  • Langkah  berikutnya anda klik saja Tambah Gadget lalu pilih Feed (Lihat gambar di bawah)
  • Langkah  berikutnya anda klik saja Tambah Gadget lalu pilih Feed (Lihat gambar di bawah) 
  • Berikutnya akan tampil kembali menu Konfigurasikan Feed. Maka anda isi judul widgetnya, atau Ganti judul dengan Artikel Terbaru/Recent Post atau sesuka hati anda. setelah itu anda bisa menentukan berapa baris postingan yang ingin ditampilkan, Maksimal baris judul postingan yang diizinkan adalah 5 baris saja. Centang tanggal item jika ingin menampilkan tanggal. Centang buka link di jendela baru jika anda ingin link ketika diklik akan membuka jendela baru. Lalu klik tombol simpan (lihat gambar).
  • Jika anda sudah mengklik tombol simpan, maka akan terlihat hasilnya seperti berikut ini. Yang akan ditampilkan adalah 5 postingan terbaru anda.
 

     Di atas terlihat ada 5 judul postingan saya yang terbaru, karena memang batas maksimal yang boleh ditampilkan cuma lima judul saja kan. Tapi untuk menampilkan semua postingan yang pernah anda buat dalam blog anda, maka anda harus membuat daftar isi untuk blog anda. Untuk membuatnya, klik saja link di bawah ini.

       BACA JUGA: Cara Membuat Daftar Isi Blog 

      Sekarang anda sudah berhasil membuat widget postingan terbaru pada blog anda, mudah bukan? Jika anda mengikuti petunjuknya dengan benar, pasti mudah kok.
     Sekian dulu tutorial bagaimana cara membuat menu widget postingan terbaru pada blog. Mudah-mudahan artikel di atas bermanfaat buat kita semua. Share buat yang membutuhkan saja. Ketemu lagi di artikel-artikel berikutnya.
      Wassalamualaikum wr. wb

0 Response to "Cara Membuat Widget Artikel Terbaru di Blog "