Cara Menambahkan Siswa Peserta Kelas Pada Simpatika Terbaru

Assalamualaikum wr. wb

Selamat datang di M. Khosyi Blog. Artikel kali kita akan mencoba untuk membahas mengenai proses penambahan siswa pada kelas tertentu dalam simpatika terbaru 2017. Siswa dalam sistem pendataan administrasi madrasah online yang dalam hal ini adalah SIMPATIKA, memegang peranan yang sangat penting untuk keseimbangan proses pembelajaran antara  guru dan peserta didik. Secara logikanya, guru itu dikatakan sebagai seorang guru karena ada murid yang diajarkan. Dalam artikel  ini cukup kita bahas dua poin saja tentang hal yang terkait, berikut penjabarannya dan caranya.

#1 Mengapa Kita Perlu Menambahkan Siswa Kelas

Ketika kita menginput data siswa dalam simpatika, maka tindakan berikutnya  yang sangat penting untuk anda lakukan sebagai pengurus madrasah (operator) adalah mengelompokkan siswa menjadi beberapa kelas, Misalnya Kelompok A atau B untuk jenjang Raudhatul Athfal (RA), Kelas I, II, III, IV dan seterusnya untuk jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI), kelas X, XI, dan XII untuk jenjang MTs dan MA. Kita paham betul bahwa masing-masing kelompok belajar atau kelas ini memiliki wali kelas. Jika seorang guru atau wali kelas dalam madrasah tertentu mendapatkan tunjangan sertifikasi, maka salah satu yang menjadi dasar pembayaran tunjangan sertifikasinya tersebut adalah siswa. Dalam aturan SIMPATIKA terbaru, jika guru sertifikasi tidak memenuhi rasio perbandingan jumlah guru dengan jumlah peserta didik, maka jangan harap sertifikasi guru tersebut akan dibayarkan. Untuk jenjang RA rasionya adalah 1:15 artinya satu guru membimbing minimal 15 peserta didik. Untuk rasio perbandingan jenjang pendidikan yang lain, silahkan dicari sendiri. Kenapa RA yang di bahas? Karena memang kebetulan saya ini hanyalah operator RA yang masih belajar juga tentang simpatika. Dan contoh yang saya buat dalam artikel ini adalah tentang RA.  Tapi anda jangan khawatir karena carannya sama saja kok!

#2 Bagaimana Cara menambahkan Peserta Kelas

Berdasarkan penjelasan yang saya uraikan di atas, maka saya rasa anda sudah paham bahwa siswa menentukan kesejahteraan guru, khusunya guru sertifikasi. Lantas bagaimana cara menambahkan data siswa kedalam kelas? Berikut akan saya bagikan caranya, mudah-mudahan bermanfaat untuk kelancaran pemberkasan sertifikasi guru di madrasah anda. Ikuti langkah-langkah berikut:

# Pertama-tama silahkan login dulu ke SIMPATIKA menggunakan akun operator atau akun kepala madrasah anda.
# Setelah anda berhasil melakukan login, klik menu sekolah => pilih kelas => lalu klik Daftar Kelas/Daftar siswa. Untuk lebih jelasnya (lihat gambar di bawah)

# Jika anda memilih menu Daftar Kelas, maka tampilannya akan sterlihat seperti di bawah ini. Klik tanda panah kecil ke arah bawah di sebelah kanan pada salah satu kelas atau kelompok belajar yang akan anda tambah. Lalu centang atau klik Peserta Kelas.
# setelah anda mengklik tombol Pesrta Kelas, maka kelas yang akan anda tambahkan tampil dengan jumlah peserta didik yang telah anda masukkan sebelumnya, di sini bisa saja kosong jika belum ditambahkan. Berikutnya klik tanda plus (+) untuk menambahkan siswa.
# Tampilan berikutnya adalah form Tambah Siswa, maka centang semua nama siswa yang muncul pada bagian kiri. Setel;ah berhasil dicentang, lalu klik tombol (>) untuk memindahkan siswa ke sebelah kanan.
# Setelah berhasil dipindahkan ke sebelah kanan, maka klik tombol Tambahkan pada bagian bawah form. Agar mudah dipahami, berikut saya tampilkan gambarnya.

Dengan mengklik tombol Tambahkan, maka anda sudah berhasil menambahkan data siswa kelas. Cek jumlah peserta didik pada kelas yang telah anda tambahkan. Caranya cukup mudah kan?

Demikian tutorial Cara Menambahkan Siswa Peserta Kelas Pada Simpatika, mudah-mudahan bisa membantu rekan-rekan operator madrasah, khususnya operator baru  di simpatika. Silahkan untuk diterapkan pada akun simpatika madrasah anda dan mudah-mudahan pemberkasan sertifikasi guru-guru anda lancar serta cepat dibayarkan. Silahkan dishare kepada yang lain untuk saling membantu.

0 Response to "Cara Menambahkan Siswa Peserta Kelas Pada Simpatika Terbaru"