Cara Mudah Membuat Privacy Policy Untuk Blog



Privacy Policy adalah sejenis izin terhadap legalitas web atau blog yang kita kelola. Privacy Policy ini berupa dokumen hukum yang mengungkapkan beberapa informasi tentang pengelolaan situs atau blog. Privacy Policy ini harus dibuat oleh blogger yang ingin terjun kedalam dunia bisnis online, seperti salah satu bisnis online yang trend saat ini adalah Google Adsense.

Kalau anda pernah melihat dan menjelajah bolak balik ke blog orang lain, maka anda akan menemukan Privacy Policy mereka dan rata-rata dalam bentuk bahasa Inggris semua, mendingan kalu kita paham bahasa inggris, ya nggak? Tapi memang itu karena jasa pembuatan ini lebih banyak mengutamakan bahasa Inggris. Tapi tenang saja, Anda tetap bisa merubahnya kedalam bahasa Indonesia, jika anda mempunyai waktu waktu luang yang lebih.

Dalam artikel lain yang pernah saya baca, dikatakan bahwa Privacy Policy ini sebenarnya bisa dibuat sendiri sesuai dengan kata-kata kita sendiri, namun karena ketentuan baku dan aturan ini dan itu dari berbagai pihak pengelola yang ada, sehingga banyak layanan yang menyediakan pembuatan Privacy Policy secara online dan gratis.

Nah pada postingan kali ini, kita akan mencoba untuk membuat Privacy Policy untuk blogspot dengan mudah dan gratis tentunya. Tapi sebelumnya, saya sarankan anda harus membuat form Contact Us terlebih dahulu. Kalau belum punya. Silahkan dibuat karena salah satu syarat untuk membuat Privacy Policy ini nanti, kita akan diminta untuk mencantumkan url Contact Us blog kita.
Baca juga: Cara Membuat Layanan Contact Us yang sudah saya posting sebelumnya.

Baiklah, untuk membuat Privacy Policy blog anda, ikuti langkah-langkah berikut ini dengan benar.
  • Ada banyak sekali situs penyedia pembuatan Privacy Policy ini, tapi kita pakai yang saya contohkan ini saja ya, kali ini kita akan membuat dari situs Privacy Policy Online. Klik linknya saja untuk menuju situsnya dan masuk ke halaman tersebut. 
  • Pada halaman depan, terdapat sebuat form yang harus diisi. Isi semua yang dibutuhkan. Pada kolom Your Site Information and Contact, isi  dengan nama blog Anda, lalu alamat blog Anda dibawahnya. Pada kolom contact link, masukkan halaman Contact Us yang telah Anda buat, lalu terakhir email Anda. Setelahnya dibagian Advertisers on your site pilihlah layanan iklan yang akann anda ikuti lalu, klik Generate Policy. Anda juga bisa langsung mengcopynya melalui tombol Generate HTML dibawahnya. Lihat gambar berikut:   
  •  Disini saya pilih Generate Policy, dan  Jika Anda mengikuti pilihan saya, maka akan muncul jendela baru pada browser Anda, itu adalah Privacy Policy Anda, bisa Anda copy langsung, Tetapi saya sarankan agar mengcopynya dalam bentuk HTML agar semua element tercover. Lihat dibagian bawah terdapat tombol Generate HTML for this page, lakukan Copy dan paste pada laman baru di blog Anda. 
Tampilan Privacy Policy



 
Berikut cara menaruh Kode HTML Privacy Policy blog anda:
  1. Masuk kelaman Blog Anda
  2.  Klik buat laman Baru, dan buatkan judul baru dengan judul Privacy Policy
  3. Dan terakhir paste kode HTML dan simpan lalu publikasikan. Contohnya seperti gambar yang saya tampilkan di bawah.
  

Jika anda berhasil, maka lakukan Pratinjau blog anda, dan lihat Privacy Policy blog anda sudah ada dalam bentuk bahasa Inggris. Jika belum berhasil, kemungkinan kode HTML ada yang tersisa, usahakan untuk melakukan Control+A untuk memblok semua kode sebelum memberikan perintah copy.
Demikian cara membuat  Privacy policy Blog, mudah-mudahan bermanfaat, share pada teman yang membutuhkan.
Wassalamualaikum wr. wb
 



0 Response to "Cara Mudah Membuat Privacy Policy Untuk Blog "