Cara Memindahkan Postingan Blog Ke Blog Lain



Assalamualaikum wr. wb

Postingan kali ini kita akan mencoba untuk membahas bagaimana memindahkan blog kita, dari blog lama ke blog yang baru. Sedikit saya bercerita, berangkat dari kesalahan sebagai pemula dalam dunia blogger, saya sendiri awalnya mempunyai banyak sekali blog dengan judul yang beragam. Awalnya saya beranggapan bahwa satu blog itu untuk satu postingan. Ternyata salah besar, Jadi wajar saja blognya banyak, sehingga menguras banyak tenaga dan menghabiskan banyak waktu untuk memindahkan blog yang lama ke blog saya yang baru. Namanya  juga pemula, jadi kesalahan ini saya rasa wajar-wajar saja jika sebagian dari kita sebagai pemula dalam dunia blog melakukan hal seperti yang saya lakukan awalnya.

Sekarang misalnya tidak ada kesalahan dalam blog kita, Katakan saja anda memiliki sebuah blog dengan usia yang sudah cukup lama, dan sudah memiliki kualitas di atas rata-rata dengan tingkat pengunjung yang sangat banyak pula. Lalu anda juga membuat sebuah blog baru, dan ingin membuat blog dengan konten yang sama atau mirip dengan Blog sebelumnya. Atau barangkali anda ingin melakukan pengamanan terhadap konten blog yang lama sebagai bentuk antisipasi, jika suatu saat terjadi hal-hal di luar dugaan kita yang tidak anda harapkan sama sekali. Atau lebih simpelnya lagi seperti judul postingan kali ini, anda akan memindahkan blog lama ke blog anda yang baru, maka caranya akan kita bahas dalam postingan ini dengan detail.

Memindahkan seluruh postingan atau sebagian postingan blog ke blog lain, sebenarnya sebenarnya bisa dilakukan dengan banyak cara, mulai dari melakukan copas blog satu persatu sampai dengan memindahkan menggunakan bahasa HTML.

Namun untuk cara memindahkan konten atau postingan blog kali ini tidak perlu anda lakukan secara manual, dengan melakukan copas satu persatu postingan ke blog kita yang lain, karena akan menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Dengan menggunakan tools ekspor impor pada blogger, kita bisa memindahkan seluruh postingan secara cepat. Namun dengan cara ini seluruhnya akan terpindahkan, tidak bisa beberapa atau sebagian. Jadi, jika ada beberapa posting yang tidak ingin anda pindahkan ke blog lama, setelah dipindahkan tinggal hapus saja secara manual. Sebenarnya bukan dipindahkan, akan tetapi blog anda disalin. Jadi, konten atau postingan yang disalin akan tetap ada pada blog yang lama.

Baiklah, sekarang mari kita mulai mempelajari cara memindahkan seluruh postingan blog ke blog kita yang lain. Ikuti cara di bawah ini dengan seksama, sehingga proses pemindahan konten berhasil.


  • Anda harus Login dulu ke akun Blogger.
  • Kemudian, pada blog lama yang postingnya akan anda dipindahkan, pergi ke menu Setelan lalu pilih Lainya. 
  •  Kemudian pada menu Impor Konter dan Cadangan, anda pilih/klik Cadangkan konten. Lalu akan muncul jendela info tentang Ekspor Blog. Silakan dibaca-baca saja dulu jika perlu.
  •  Selanjutnya langsung klik saja Unduh Blog. Maka komputer akan mengunduh kode xml dari Blog lama lalu tekan Save File. 
  •  Jika proses pengunduhan telah berhasil dan selesai, selanjutnya pada Blog baru anda yang akan dimasukan posting dari Blog lama, masuk ke bagian Setelan >> Lainya, seperti langkah 2. 
  • Pada pilihan Impor dan Cadangan, pilih/klik Impor Konten. 
  • Maka akan muncul jendela tentang Impor Blog. Klik Impor dari komputer dan pilih file xml yang tadi telah diunduh dari proses Ekspor Blog yang telah kita lakukan. Isi kode keamanan (Captcha) yang diberikan, tambahkan centang jika ingin mempublikasikan postingan anda secara otomatis.
Setelah anda mengklik tombol Impor dari Komputer, maka proses pemindahan postingan berhasil. Lakukan pengecekan pada Blog yang baru diberi posting dari Blog lama. Klik Daftar Post, maka akan terlihat semua postingan yang dipindahkan dengan keterangan "diimpor", masih terdapat label seperti pada Blog lama, bagian komentar juga masih utuh tidak ada yang berubah dan hilang. Lakukan perubahan label dan sebagainya pada blog hasil impor tadi sekiranya diperlukan.
Sekian tips memindahkan blog lama ke blog baru, semoga bermanfaat. Share buat temen yang membutuhkan. 

Wassalamualaikum wr. wb



0 Response to "Cara Memindahkan Postingan Blog Ke Blog Lain"